Senin, 17 Oktober 2011

Hati-hati CCTV di Bangkok

 
Bangkok, Ibu kota Thailand ini terlihat mulai berbenah diri. Walaupun, dalam hal pembangunan tentunya Jakarta telah memulai terlebih dahulu.

Tetapi, entah mengapa kota Bangkok terlihat lebih terintegrasi dan rapih. Walaupun, terkadang harus menghadapi kemacetan sama seperti di Jakarta.

Walaupun, saya tidak sempat menjelajahi seluruh Ibu Kota negeri Gajah putih tersebut. Tetapi, seluruh penduduk kota terlihat saling berlomba untuk mentaati peraturan.

Ada satu hal yang sangat menarik perhatian saya ketika satu harian menjelajah di jalan-jalan kota Bangkok, yaitu adanya CCTV (Clossed cirkuit television) yang terpasang hampir di semua lampu lalu lintas di jalan raya.

Bahkan, di satu buah lampu lalu lintas bisa terpasang tiga buah cctv yang menghadap ke segala arah.

Adanya cctv ini mungkin yang membuat para pengguna jalan raya, mulai dari pengendara mobil, motor, tuk-tuk sampai pejalan kaki mengikuti aturan yang ditentukan oleh pemerintah.

Sementara di Jakarta sendiri, sampai tahun 2011 di klaim telah terpasang 100 CCTV di lima daerah. Hanya saja, lebih berfungsi sebagai alat pemantau kemacetan dan pemberi tahu jika terjadi kerusuhan di suatu daerah. Seperti cctv yang terpasang di daerah matraman untuk memantau tawuran yang sering terjadi antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan YAI.

Ayo Jakarta jangan mau kalah sama Bangkok!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar